TUGAS KONSEP BASIS DATA (07/09/2012)

Standard

1. Perbedaan meta data dengan data base real :

Meta data : kumpulan data yang bersifat ambigu atau tidak saling berkaitan satu sama lain seperti yang digunakan untuk dua konsep fundamental berbeda (jenis), berbeda halnya dengan data base.

Data base real : kumpulan data yang saling berkaitan satu sama lain dan memiliki arti tertentu. Contohnya : nama, alamat, nomor telepon. Jika salah satu data berubah maka data yang lain pun ikut berubah

2. Pengertian query

ü  Query adalah suatu bahasa yang digunakan untuk melakukan manipulasi terhadap database yang telah distandarkan dan dikenal dengan nama Structured Query Language (SQL).

ü  Query adalah kemampuan untuk menampilkan suatu data dari database yang diambil dari table-tabel yang ada di dalam database, namun tabel tersebut tidak semua ditampilkan sesuai dengan yang kita inginkan.

ü  Query adalah pertanyaan atau permintaan informasi tertentu dari sebuah basis data yang ditulis dalam format tertentu.

ü   Query adalah suatu extracting data dari suatu  database dan menampilkannya untuk “pengolahan” lebih lanjut.

Query dibedakan menjadi 2, yaitu :

  1. Untuk membuat atau mendefinisikan obyek-obyek database seperti membuat tabel, relasi, dan sebagainya. Biasanya disebut dengan Data Definition Language (DDL).
  2. Untuk memanipulasi data biasanya dikenal dengan Data Manipulation Language (DML).

Jenis Query di Access :

Select query

adalah jenis query yang paling umum. Dapat digunakan select query untuk membuat, mengelompokkan data, dan menghitung jumlah dengan sum, menghitung dengan count, menghitung rata-rata, dan menghitung total.

Parameter query

adalah bahwa ketika query dijalankan akan menampilkan kotak dialog yang diminta untuk mengisi parameter atau nilai variabel, seperti kriteria untuk mengambil record atau nilai yang ingin Anda masukkan dalam lapangan.

Crosstab query

untuk menghitung dan restrukturisasi data agar analisis data lebih mudah. Crosstab query menghitung jumlah sum, rata-rata, jumlah count, atau jenis lain dari total data yang dikelompokan oleh dua jenis informasi – satu di sisi kiri dari datasheet dan yang lain di bagian atas.

Action query

Sebuah action query adalah query yang membuat update pada banyak record hanya dalam satu operasi. Ada empat jenis action query:

  1. Delete Queries Sebuah delete query menghapus sekelompok record dari satu atau lebih tabel.
  2. Update Query Sebuah update query membuat perubahan menyeluruh untuk sekelompok record dalam satu atau lebih tabel.
  3. Append Query Append query menambahkan sekelompok record dari satu tabel atau lebih pada akhir satu atau lebih tabel.
  4. Make-Table Query Make-table query dapat membuat tabel baru dari seluruh atau sebagian dari data dalam satu atau lebih tabel.

Manfaat Query :

  1. Menampilkan data-data tertentu pada suatu table
  2. Menampilkan data dari dua table atau lebih dengan syarat anatr table itu ada field yang berhubungan.
  3. Dapat melakukan operasi perhitungan.

Operation independence : kebebasan untuk membuat suatu data.  Independensi data adalah jenis transparansi data yang penting untuk DBMS terpusat. Ini mengacu pada kekebalan aplikasi pengguna untuk membuat perubahan dalam definisi dan organisasi data. Independensi data dan operasi independensi bersama-sama memberikan fitur data abstraksi.

3.  Rule Deduksi :

Rule deduksi secara logis setara dengan formula tunggal dalam multisorted logika orde pertama.  Formula itu memiliki bentuk implikasi yang logis. Rule deduksi secara logis setara dengan rumus yang diperoleh  dari gabungan hipotesis yang menyiratkan gabungan dari kesimpulannya. Jadi, contoh pertama secara logis setara dengan formula x <y / \ y <z => x <z.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s