Tugas 2

Standard

1. Jelaskan mengenai arsitektur sistem basis data secara singkat dan jelas !

Arsitektur sistem basis data itu terbagi menjadi 3 tingkat atau level yaitu Internal/physical level, External/view level, dan conceptual/logical level.

  • Internal/physical level merupakan level terendah untuk merepresentasikan basis data dimana record disimpan dalam media penyimpanan dengan format byte.
  • External/view level merupakan level pengguna dimana pengguna atau programmer menggunakan bahasa pemograman seperti C, COBOL atau PL/l.
  • Conceptual/logical level merupakan penghubung antara internal dan external level dimana sebuah representasi seluruh muatan informasi dikandung oleh basis data.

http://aboutdesember2012.blogspot.com/2012/02/1-jelaskan-mengenai-arsitektur-sistem.html

2. Jelaskan apa maksud penggunaan model data !

Model Data adalah sekumpulan perangkat konseptual untuk menggambarkan data, hubungan data, semantik data atau makna data dan batasan data atau disebut juga dengan model data logic.

Dalam perancangan basis data, model data secara umum dapat dibagi menjadi beberapa, yaitu:

1. Model data berbasis objek

2. Model data berbasis record

3. Model data fisik

4. Model data konseptual

Dimana fungsi dari model – model ini adalah sebagai berikut :

1. Model data berbasis objek : Model data berbasis objek menggunakan konsep entitas, atribut, dan hubungan antar entitas.

2. Model data berbasis record : Digunakan untuk menguraikan seluruh logika dalam struktur database, juga digunakan untuk menguraikan implementasi dari system database. Hal itulah yang membedakan Model data berbasis record dengan model data berbasis objek.

3. Model data fisik : Yaitu konsep bagaimana data disimpan pada media penyimpanan (storage) dalam suatu susunan secara fisik.

4. Model data konseptual : Model konseptual bukanlah pendekatan proses informasi seorang programmer aplikasi, tetapi merupakan kombinasi beberapa cara untuk memproses data untuk beberapa aplikasi. Model konseptual tidak tergantung pada aplikasi individual, tidak tergantung pada DBMS yang digunakan, tidak tergantuk pada hardware yang digunakan serta tidak tergantung juga pada phisikal model.

http://aboutdesember2012.blogspot.com/2012/02/2-jelaskan-apa-maksud-penggunaan-model.html

3. Apa yang membedakan model data object-oriented dan ER model ?

Pada model objek oriented nilai yang disimpan dalam variable instant, maksudnya variable tersebut melekat dengan objek itu sendiri. Pada model objek oriented metode yang dipakai adalah operasi yang berlaku pada objek yang bersangkutan, objek yang memiliki tipe nilai dan metode yang sama dikelompokkan dalam satu kelas. Sedangkan model E-R ini didasarkan atas persepsi terhadap dunia nyata yang terdiri dari sekumpulan objek, yang disebut entitas dan hubungan antar objek atau yang disebut dengan relationship. Pada setiap entitas juga mempunyai atribut yang membedakan dengan entitas lainnya, contoh entitas Warga Negara Indonesia, mempunyai atribut nama, umur, alamat, no.ktp dan lain2.

http://aboutdesember2012.blogspot.com/2012/02/3-apa-yang-membedakan-model-data-object.html

4. Apa perbedaan model data relasional, jaringan dan hierarkis ?

Model relasional itu adalah model data yang paling banyak digunakan saat ini, karena model relasional ini menggunakan kumpulan tabel – tabel untuk merepresentasikan data dan relasi antar data – data tersebut. Setiap tabel terdiri dari kolom – kolom dan setiap kolom mempunyai nama yang unik. Sebagai contoh himpunan dari record, pada model relasional skema untuk relasi ditentukan oleh nama, nama dari tiap field dan tipe dari tiap field.

http://aboutdesember2012.blogspot.com/2012/02/4-apa-perbedaan-model-data-relasional.html

5. Buatlah sebuah database beserta tabelnya dengan ketentuan

  • id_merk char 3

    nama char 15

    LPT

    NIB

    MERK

    010

    samsung

    022

    toshiba

    302

    advan

    110

    apple

    045

    Asus

    HRG

    NIB

    HRG

    010

    Rp 9.000.000,00,-

    022

    Rp 10.000.000,00,-

    302

    Rp 8.500.000,00,-

    110

    Rp 15.000.000,00,-

    045

    Rp 8.000.000,00,-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s